Kelas XII

Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : oliv
Pertanyaan : jawabannya sama dengan jawaban soal yang di ajukan okta,

padahal soalnya berbeda.

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Adik Oliv ini sudah saya upload jawabannya mohon maaf atas kesalahan file yang di upload
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : oliv
Pertanyaan : pak// bu, sepertinya ada kesalahan di jawaban pertanyaan saya. tolong di cek kemballi. trimakasih.
Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Pertanyaan adik Oliv ada 3, bagian yang mana yang anda nyatakan belum sesuai. Silahkan kroscek juga dengan soal yang anda tanyakan.
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : OLIV
Pertanyaan : resistor (R) 50 Ohm dan kumparan (L) dengan reaktansi induktif 150 ohm dan kapasitor (C) dengan reaktansi kapasitif 100 ohm dirangkai seri pada sumber tegangan bolak-balk. tentukan :

a. impedansi rangkaian

b. beda sudut fase antara arus dan tegangan.

c. bagaimanakah sifat rangkaian ; resistif, kapasitif, atau induktif

d. hitung dengan disipasi pada rangkaian.

 

sebuah kapasitor 50 mF YANG HAMBATAN ekivalennya 5Ω dihubungkan seri dengan sebuah resistor 25Ω. rangkaian ini kemudian dihubungkan dengan sumber tegangan bolak-balik 300v, 500 rad/s. tentukan tegangan antara kedua ujung kapasitor tersebut.

 

sebuah resistor 20Ω disusun seri dengan sebuah kapasitor 5 mF. RANGKAIN DIHUBUNGKAN KE SEBUAH TEGANGAN SUMBER YANG FREKUENSINYA dapat di ubah-ubah. jika tegangan antara ujung-ujung resistor sama dengan tegangan antara ujung-ujung kapasitor, tentukanlah frekuensi sumber ac itu.

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Silahkan download jawaban berikut!
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : okta
Pertanyaan :  pak/bu, bagaimana cara menyelesaikan soal berikut,

 

sebuah kumparan segi 4 dari 100 lilitan dan luas 4×10-2 m diputar mengitarisebuah poros mendatar pada kelajuan tetap 50 putaran/sekon dalam suatu medan magnetik mendatar 0,2 T, yang tegak lurus terhadap poros. hitunglah ggl induksi :

a. maksimum

b. ketika bidang kumparan membentuk sudut 300 terhadap arah mendatar

c. ketika bidang kumparan vertikal.

turunkan dahulu persamaan yang akan anda gunakan untuk menjawab pertanyaan (a).

 

sebuah kumparan dengan induktansi 20 mH dan hambatan 5 ohm dihubungkan ke sebuah generator AC yang frekuensinya dapat di ubah-ubah. pada frekuensi sudut berapa tegangan antara ujung-ujung kumparan mendahului arus 60o ?

 

trima kasih

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Silahkan download jawaban berikut!
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : vya
Pertanyaan : pak/bu cara menyelesaikan soal ini bagaimana.?

1.sebuah gelombang merambat dari S dengan persamaan : y = 2sin∏(50t-x/3), x dan y dalam cm, t dalam sekon. pada saat S TELAH BERGETAR 0,2 SEKON maka kecepatan partikel di titik A yang terletak 2 m dari S adalah…

 

2.sebuah benda bergetar harmonik dengan amplitudo 2 cm dan frekuensi 5 hz saat simpangannya mencapai 4 cm. jika sudut fase awal nol, maka sudut fase getarnya….

 

3. sebuah gelombang lurus datang pada bidang batas antara dua medium dengan sudut datang 600 . jika indeks bias medium 2 relatif terhadap medium 1 adalah√2, maka besar sudut bias adalah….

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : cek jawaban berikut
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : wulan
Pertanyaan : 1) Sebuah gelombang menjalar dari A ke B dengan kecepatan 75 m/det, frekuensinya 15 Hz dan amplitudo gelmbangnya 10 cm. Titik C berada diantara A dan B berjarak 7 meter dari A . Jika A telah bergetar selama 5 detik, tentukanlah:

a. simpangan gelombang di titik C

b. Arah gerakan titik C jika A memulai gerakannya ke atas

diket: sin 216o = -0,59

 

 

tlong segera dijawab,ya

terimakasih

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Dari data soal dapat dihitung λ = 75/15 = 5 meter.

1. Persamaan simpangan gelombang berjalan :   Y = A sin 2π(f.t – (x/λ))

maka Y = 10 sin 2π(15.5 – (7/5)) = 10 sin(2/5 π.368) = 10 x 0,59 = 5.9 cm

 

2. Karena panjang gelombangnya 5 meter, maka titik C (x = 7m dari A) berada dalam panjang gelombang kedua (pada gerakan bukit), maka jika A bergerak ke atas titik C juga bergerak ke atas.

Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : Umma Rahardjo
Pertanyaan : assalamu’alaikum wr.wb.

pak/Bu/mas/mba, mohon maaf sebelumnya saya mau bertanya tentang soal pelayangan gelombang.

1. Dua buah dawai baja sejenis memeberikan nada dasar 204Hz. bila panjang salah satu dawai ditambah 2%, berapakah frekuensi layangan yang terjadi?

 

2.  seutas senar gitar dengan panjang 50cm dan massa jenis linear 2 g /m bergetar pada frekuensi nada dasarnya 400 Hz. ketika sebuah pipa organa terbuka beresonansi pada nada dasarnya, seseorang mendengar frekuensi layangan 4 Hz.

a) Berapakah frekuensi yang mingkin dari pipa?

b) ketika kawat ditegangkan, frekuensi layangan berkurang, tentukanlah panjang pipa.

 

terimakasih sebelumnya

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Cek jawaban berikut!
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : Mahdaleni
Pertanyaan : mas, aku kesulitan menjawab soal ni, bantu ngerjain dong?

soal :

pipa organa tertutup dengan panjang 15cm didalamnya terjadi 3 buah simpul. nada dari pipa organa ini beresonansi dengan pipa organa lain yg terbuka serta membentuk 2 buah simpul. panjang pipa organa terbuka adalah….

beri penjelasanya ya mas..,, makasiiii,.

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Dari soal dapt diketahui :

Pada Pipa Organa tertutup λ1 = 12 cm (terbentuk 3 simpul)

Karena terjadi resonansi maka f1 = f2 atau λ1 = λ2, maka pada pipa organa terbuka λ2 = 12 cm.

Karena pada pipa organa terbuka terbentuk 2 buah simpul, ini berarti 1 gelombang atau 1λ = l, jadi l = 12 cm

 

Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : herlin
Pertanyaan : sebuah benda berputar selaras dgn periode 1,2 scnd dan amplitudenya 5 cm.pd saat t=0 benda melewati kedudukan seimbang kearah atas.sudut fase pada saat t=0,1 adalah
Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Persamaan simpangan getaran adalah

Y = A sin (ω.t)                    maka ω.t = sudut fase  (ingat (ω = 2π/T)

 

Jadi ω.t = (2π/T).t = π/6 = 180/6 = 30o

 

Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : bayu
Pertanyaan : sblmnya mksih ats jwbny kmrin, da pertnyaan lgi yg gk q phmi. 1. Bila seberkas chya dilwatkan pd kisi difraksi dg 5.000 celah/cm akn dihsilkan gris trang k’2 dg sudut deviasi 30drjat, trhdp gris nrmal. Berati pnjang gelombang chya yg d’gnkan adl ? 2. Cahaya monokromatis dg pnjng gelmbng 625 nm dtng tegak lrus pd shu kisi difraksi. Bayangn difrksi orde k’2 dibntuk dlm arah 30drjat trhdp yg d’mlki kisi adl ?
Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : 1. Diketahui : d = 1/(5000) cm = 2.10-6 m

n = 2, θ = 30o

Gunakan persamaan : d.sin θ = nλ (garis terang) atau d.sin θ = n 1/2 λ (garis gelap)

Maka λ = (d.sin θ)/n = 5.10-7meter = 5000 Angstrom

 

2. Untuk soal  kedua ini, kami belum paham dengan soal dan pertanyaannya. mohon dicek kembali

Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : dewi
Pertanyaan : bagaimana aplikasi alat rontgen (sinar X) dalam ilmu fisika?
Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Coba baca makalah berikut ya!
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : Fifin
Pertanyaan : gelombang bunyi menyebar dari sumbernya ke segala arah dengan sama rata, titik A berjarak a1 dari sumber dan titik B berjarak a2 dari sumber. jika a1 = 1,5 a2. maka perbandingan intensitas bunyi yang diterima titik A dengan yang diterima titik B adalah…

 

a. 1 :3

b. 2 : 3

c. 3 : 2

d. 4 : 9

e. 9 : 4

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Intensitas Bunyi berbanding terbalik dengan kuadrat jarak benda dengan sumber bunyi, I∞ 1/r2. Maka berlaku hubungan :

IA/IB = (rB/rA)2.

IA/IB = (a2/a1)2.

IA/IB = (a2/1,5a2)2.

IA/IB = 4/9

 

 

Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : anatacya
Pertanyaan : mau tanya, mohon di bantu yah.

apa manfaat dan kerugian dalam kehidupan sehari hari dari pemantulan, pembiasan, difraksi, interferensi, dispersi, polarisasi!

makasih banyak

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Anda sebaiknya mencari jawaban tersebut dengan searching melalui searching engine seperti http://www.googel.com

Dicoba saja!

Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : Rooshardini
Pertanyaan : Mengapa baju yang baru dijemur kemudian kita pakai terasa melekat di badan ?

mohon Jawaban

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Baju yang dijemur kemudian kering karena terkena panas matahari menjadikan baju bermuatan listrik (+). Saat dipakai maka baju yang bermuatan (+) tersebut akan berinteraksi dengan tubuh yang terhubung dengan tanah (tubuh menjadi bermuatan negatif). Anda pasti tahu, muatan (+) akan tarik menarik dengan muatan (-).
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : dhila
Pertanyaan : 1. gelombang merambat dari P ke Q dengan amplitudo 2 cm frekuensi 6 Hz, cepat rambat 24m/s. simpangan Q setelah 3 sekon begetar jika jarak PQ: 3 m adalah?

 

2. sebuah titik benda memiliki persamaan simpangan y: 4 sin 0.2 t . Hitunglah:

a. amplitudo

b. priode

c. frekuensi

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : 1. Dari soal dapat dihitung λ = 24/6 = 4 m, x = 3
Gunakan persamaan Y = A sin (ωt – kx), ω = 2πf = 12π, k = 2π/λ = π/2

Y = 2 sin (ωt – kx) = 2 sin (12π.3 – 3π/2) = 2 sin (34π/2) = 2 sin 90o = 2cm

2. Coba sendiri ya!

Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : vya
Pertanyaan :  pak/bu, cara menyelesaikan soal ini bagaimana? mohon bantuannya. terima kasih.

 

sebuah muatan titik dengan besar Q diletakkan pada pusat sebuah bola berongga dengan jari-jari A, yang memiliki muatan -q terdistribusi rata pada permukaannya. tentukan kuat medan listrik :

a. untuk semua titik di luar bola

b. untuk suatu titik di dalam bola berongga, yang berjarak r dari pusat.

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Pada bola konduktor yang diberi muatan Q, maka kuat medan listrik (E) yang dapat dicari ada 3 (tiga) tempat, yaitu

  1. Di dalam bola, E = 0
  2. Di permukaan bola, E = kQ/R2 (R = jari-jari bola)
  3. Di luar bola, E = kQ/r2 (r = jarak suatu titik dari pusat bola)
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : Rini Santia
Pertanyaan : Assalamualaikum Wr.Wb

bapak dan ibu ,,,
mohon di jelaskan tentang rumus-rumus yang ada pada gerak parabola,,,
saya kurang mengerti,

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Coba pelajari lagi dengan petunjuk file berikut!
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : Yunanto Agung
Pertanyaan : Tentukan sudu antara 2 buah vektor yang besarnya 8 dan 10, jika resultannya membentuk sudut 50 derajat terhadap vektor yang lebih besar. hitung pula besar resultannya
Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Coba downnload file berikut semoga membantu.
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : devy
Pertanyaan : pak, bu.. saya ingin bertanya

apa yang dimaksud dengan gelombang elektromagnetik?

apa saja manfaat gelombang elektromagnetik?

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang dalam perambatannya tidak memerlukan medium. Karena merambat tidak memerlukan medium tertentu maka gelombang ini digunakan dalam teknologi komunikasi seperti untuk memancarkan gelombang radio, tv, radar, dll.
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : atik
Pertanyaan : 1. seorang anak melepaskan sebuah kelereng dari tepi atas sumur. Setelah 3 1/8 sekon, ia mendengar bunyi kelereng menyentuh air. Jika g=10 m/s2 dan laju rambat bunyi 360 m/s, tentukanlah kedalaman permukaan air sumur diukur dari tepi atas sumur !

 

2. Gelombang stationer dibentuk oleh interferensi 2 buah gelombang, masing-masing beramplitudo Π cm, k =  Π/2 cm-1 , dan ω = 10Π rad/s . hitunglah jarak antara 2 perut yang berurutan.

 

Makasih. 🙂

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban :  

1.      Δt = 3 1/8 sekon = 25/8 s (waktu untuk dua kali perjalanan, ingat suara memantul dengan permukaan air), maka t = 25/16 sekon

Berarti kedalaman permukaan air (S) adalah

S = vo.t + ½ gt2 = 0 + ½ .10.(25/16) = 250/32  meter

 

2.      Jarak antara 2 perut berturutan sama dengan ½ λ

Karena k = 2π/λ dan diketahui k = π/2, maka  λ = 4 cm, sehingga ½ λ = 2 cm

Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : Wulan
Pertanyaan : aSSALam..

sya mau nanya jika

Intensitas suara P adalah 104 kali intensitas suara Q. Maka taraf intensitas suara P terhadap suara Q akan lebih tinggi sebesar berapa dB??

 

Makasih banyak

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Diketahui :

IP = 104 IQ

 

Gunakan Persamaan Selisih Taraf Intensitas (TI)

TIP – TIQ = 10 log (IP/IQ) = 10 log (104IQ/IQ) = 40 dB

Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : Wulan
Pertanyaan : Assalamu’alaikum..

sya mau tnya tntang kuat medan listrik

ni pertanyaannya

1. Pada titik B dan D dalam bujur sangkar ABCD masing-masing diletakkan muatan sebesar +q. Supaya kuat medan listrik di titik A = o, di titik C harus diletakkan partikel bermuatan berapa??

2. Titik A terletak di tengah-tengah dua muatan yang sama besar tapi berlainan jenis yang terpisah sejauh a. Besar kuat medan di titik A saat itu adalah 36N/C. Jika di titik A tersebut digeser 1/4 a mendekati salah satu muatan, maka besar kuat medan listrik setelah digeser brapa??

 

terima ksih atas bantuaanny

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Silahkan download file berikut!
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : Wulan
Pertanyaan : Assalamu’alaikum..

sya mau tnya tntang kuat medan listrik

ni pertanyaannya

1. Pada titik B dan D dalam bujur sangkar ABCD masing-masing diletakkan muatan sebesar +q. Supaya kuat medan listrik di titik A = o, di titik C harus diletakkan partikel bermuatan berapa??

2. Titik A terletak di tengah-tengah dua muatan yang sama besar tapi berlainan jenis yang terpisah sejauh a. Besar kuat medan di titik A saat itu adalah 36N/C. Jika di titik A tersebut digeser 1/4 a mendekati salah satu muatan, maka besar kuat medan listrik setelah digeser brapa??

 

terima ksih atas bantuaanny

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Silahkan download file di bawah!
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : Rohmatikal
Pertanyaan : seberkas cahaya jatuh tegak lurus mengenai 2 celah yang berjarak 0,4 mm. garis terang tingkat ke 3 yg di hasilkan pada layar berjarak 0,5 mm dari terang pusat. bila jarak layar dengan celah adalah 40 cm. maka panjang gelombang cahaya tersebut adalah….
Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Silahkan download jawaban berikut!
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Pertanyaan :
GAYA TOLAK ANTARA DUA MUATAN YANG TERPISAH JARAK 12 CM ADALAH 10 PANGKAT -5 N.BESAR MUATAN TERSEBUT ADALAH

 

 

Tolong di jawab cepat ya…thankz….

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : silahkan download
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : Wulan
Pertanyaan : AsSaLamu’alaikm, Sya mau nany tntang kuat medan listrik, # Pda titik B dan D dlm bujur sangkar ABCD msing-msing diletakkan muatan sbesar +q.Supaya kuat medan listrik di titik A=0,di titik C harus diletakkan partikel yg bermuatan berapa? Maksh sbelumny
Penjawab : Ichwan Aryono, S.Pd dan
Jawaban : Wa’alaikum salam,

silahkan download jawaban disini ya : http://www.4shared.com/document/E7NB5KZg/Jawaban.html

 

 

 

File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : dian
Pertanyaan : aQ mau tanya soal ,,,(manfaat gelombang bunyi dalam teknologi)

sama contoh alatnya…. cpet ya…….makasih sebelumnya

Penjawab : Ichwan Aryono, S.Pd dan
Jawaban : Stetoskop infrasonik untuk deteksi gerakan janin, mikrophone unfrasonik untuk deteksi aktivitas gunung berapi, binaural sound untuk meningkatkan kecerdasan
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : arief cahya ramadhan
Pertanyaan : kl rumus gelombang transversal sndri tu pa???

dan kasih contoh y,,,mksh sblumnya

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Gelombang transversal maupun gelombang longitudinal mempunyai persamaan yang sama.

  1. Persamaan gelombang v = λ.f
  2. Persamaan gelombang berjalan y = A sin (ω.t ±kx)
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : arief cahya ramadhan
Pertanyaan : apa yang dimaksud dgn gelombang tranversal n ksh contoh y dlm kehidupan???

tlg yea……….. dan mksh sebelumnya…

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatannya tegak lurus terhadap arah getarannya. Maksudnya jika tali digetarkan naik-turun maka akan ada gelombang yang merambat maju atau mundur.

Contoh gelombang transversal adalah gelombang tali, gelombang air (laut), gelombang cahaya.

Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : indri
Pertanyaan : Pak/bu mhn bntuan x untk mnylskn soal brkt : 1)Tulislah persamaan glmbng brjalan jk diket v=150m/s, frekuensi 250 Hz dan amplitudo 30cm ! 2) y= 4 sin pi (2t – 0,02x ), y dan x dlm cm dan t dlm detik. Tntkn simpangan gelombng untk t=2 , dan x=5
Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : silahkan download file jawaban berikut!
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : Andhika
Pertanyaan : 1. sebuah kapasitor mempunyai kapasitas sebesar 5 mikrofarad jika ada udara di antara keping2nya dan 30 mikrofarad jika antara keping2nya ditempatkan lembaran porselen, maka konstanta dielektrik porselen adalah…

2. suatu rangkaian seri RLC dipasang pada tegangan listrik bolak-balik yang nilai efektifnya 100 V dan frekuensinya 60 Hz. jika R = 10 ohm, L = 26,5 mH dan C = 106 mikrofarad maka beda potensial dalam volt antara ujung2 L adalah…

 

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Silahkan download petunjuk ini!
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : ashari
Pertanyaan : mas\\mba

 

tolong berikan….

contoh percobaan fisika sederhana yang bahannnya mudah didapat…

 

please.. cepat yachhhh

 

thanks before

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Percobaan sederhana pada Fisika adalah Ayunan Harmonis Bandul.

Bahan yang diperlukan antara lain : tali, bandul (misal batu), statif (pegangan), dan stopwatch.

Percobaan ini bertujuan untuk menentukan besar percepatan gravitasi bumi (g) di suatu tempat.

langkah percobaan :

  1. Tentukan panjang tali untuk bandul misal 50 cm (l = panjang tali)
  2. Ayunkan bandul sebanyak 10 kali atau lebih.
  3. Hitung waktu 10 ayunan tadi, sehingga didapatkan nilai periode bandul (T = waktu untuk satu ayunan)
  4. Hitung nilai g dengan persamaan :     T = 2π√(l/g)

Selamat mencoba

 

Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : Jerry Jeferson
Pertanyaan : Induksi magnetik di pusat kawat lingkaran dengan kuat arus 7,5 A.Jika 4 lilitan adalah 2p.10 pangkat -5 tesla.Berapa a?
Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Silahkan download jawaban berikut!
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : chairul keylanov t
Pertanyaan : manfaat audiosonic
Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Audiosonik adalah bunyi yang frekuensinya antara 20 Hz sampai dengan 20 kHz atau bunyi yang dapat didengar manusia. Jadi manfaatnya jelaskan, untuk keperluan pendengaran bagi manusia. Speaker diciptakan berkaitan dengan audiosonic.
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : rahmat
Pertanyaan : Sebuah sumber bunyi mempunyai frek 600 Hz bergerak dengan kecepatan 20m/s mendekati seorang pengamat yang diam .Tentukan frek yang didengar oleh pengamat jika 😦 cepat rambat bunyi di udara 340m/s)

1.ada angin

2 .terdapat angin yang bergerak dengan kecepatan 10 m/s searah dengan arah gerak sumber bunyi

3. terdapat angin bergerak dengan kecepatan 10 m/s berlawanan arah dengan arah gerak sumber bunyi

kak aku lagi kesulitan soal yang satu ini … tlg kerjain yaa

thx

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Silahkan download jawaban berikut!
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : firda
Pertanyaan : Tolong kasih tau bagaimana penyelesaian soal-soal ini. Jawaban kalau bisa dikirim ke e-mail ya dan sangat ditunggu segera. Trims

1. Kereta api (KA) I dan kereta api II bergerak saling mendekati masing-masing dg kec. sama yaitu 72 km/jam sedang masinis KA I dan KA II masing-masing membunyikan klaksonnya dg frek. 930 Hz dan 1053 Hz.

a). Brp frek. bunyi KA I yg didengar oleh masinis KA II?

b). Brp layangan bunyi yg dialami oleh masinis KA II  karena kedua klakson KA I dan KA II ?

2. Ambulans  dg kec. 90 km/jam membunyikan sirine dg frek. 610 Hz berjalan di belakang sepeda motor yang memiliki kec. 54 km/jam. Brp Hz bunyi di dengar oleh pengendara sepeda motor jika kec. bunyi di udara 330 m/s ?

3. Di jln Solo-Jogja ada dua pengendara spd motor yg sdg kampanye. Pengendara I bergerak dari Jogja ke Solo dg kec. 108 km/jam dan pengendara II bergerak dari Solo ke Jogja dg kec. 72 km/jam sedang kec. bunyi di udara 340 m/s dan kec. angin 10 m/s dengan arah dari Solo ke Jogja. Jika motor yang dari Jogja ke Solo  membunyikan sirine dg frekuensi 620 Hz. Brp frekuensi yg didengar pengendara motor dari Solo ke Jogja??

4. Pada jam OR di lapangan pak Gatot dan Pak Hary kebetulan membunyikan peluit bersamaan masing-masing dg frek. 670 Hz dan 690 Hz. Kebetulan seorang siswa yang mula-mula berada di antara Pak Hary dan Pak Gatot lari menuju  Pak Gatot dg kec. 10 m/s ( Pak Gatot dan Pak Hary tetap di tempat). v = 340 m/s, kec. angin 5 m/s dari arah Pak Hary menuju Pak Gatot (ke kanan).

a). Brp frek. yg didengar siswa dari peluit Pak Gatot?

b). Brp Hz frek. yg didengar siswa dari peluit Pak Hary?

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : fuad
Pertanyaan :  

 

ka saya mencoba soal dari pertanyaan rani yg no 1  kan di jawaban kakak diketahui  Vp = +5 dan Vs = -10

yg saya tanyakan Vp itu kan bisa -5 dan Vs bisa + kenapa di jawaban kakak itu V+ dan Vs-

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Terimakasih atas pertanyaannya dan koreksinya. Jawaban untuk Rani no. 1 sudah saya edit. Karena pendengar mendekat maka +vp, sumber mendekat maka -vs.

Sumber bunyi mendekati pendengar maka frekuensi yang terdengar oleh pendengar pasti lebih tinggi. Demikian juga jika pendengar mendekati sumber maka frekuensi yang terdengar oleh pendengar juga lebih tinggi.

Silahkan baca lagi aturannya.Namun ada cara yang lebih mudah untuk menentukan kapan harus + dan kapan harus -.

Silahkan download file berikut, smeoga membantu.

File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Pertanyaan : asalamualaikum……

om operator…..minta bantuan apa sie manfaaat gelombang bunyi dan gelombang cahaya dalam kehidupan sehari-hari…. cepat za ….pliaseeee… bnget

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Silahkan anda simak jawaban berikut!

Pernahkah kamu membayangkan jika dunia ini tanpa cahaya? Akankah kamu dapat melakukan aktivitas? Tentu jawabnya tak mungkin ada aktivitas, karena untuk melakukan aktvitas manusia perlu tahu tentang keadaan di sekelilingnya. Benda-benda untuk dapat terlihat harus memantulkan cahaya. Tanpa cahaya kamu tak pernah tahu dan tak pernah melihat apa sebenarnya yang ada di sekitarmu. Cahaya termasuk salah satu spektrum gelombang elektromagnetik dapat dilihat oleh mata. Gelombang elektromagnetik memiliki rentang spektrum dari sinar gamma sampai gelombang radio. Banyak aplikasi teknologi yang berdasar konsep gelombang elektromagnetik ini. Pulsa handphone antara lain dikirim dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Ketika kamu berkomunikasi dengan HP gelombang suaramu diubah menjadi gelombang elektromagnetik oleh sistem relay sehingga pihak yang kamu ajak komunikasi dapat mendengar suaramu.

Bagaimana untuk manfaat gelombang bunyi?

Beberapa manfaat gelombang bunyi dalam hal ini adalah pantulan gelombang bunyi adalah

  1.  dapat digunakan untuk mengukur kedalaman laut disini yang digunakan adalah bunyi ultrasonik
  2.  mendeteksi janin dalam rahim, biasanya menggunakan bunyi infrasonik
  3.  mendeteksi keretakan suatu logam dan lain-lain.
  4.  diciptakannya speaker termasuk manfaat dari bunyi audiosonik.
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : rani
Pertanyaan :  

saya ragu dalam mengerjakan soal-soal berikut ,mohon bantuan bapak/ibu/ kakak untuk menjawab soal-soal ini disertai dengan caranya. Ditunggu jawaban sesegera mungkin. Kirim ke e-mail yah… mksh byk.

  1. Sebuah mobil ambulans berjalan dari utara ke selatan dengan kecepatan 10 m/s sambil membunyikan sirine yang frekuensinya 660 Hz mendekat seorang pendengar yang berjalan dari Selatan ke Utara dengan kec. 5 m/s. Jika kecepatan bunyi di udara 340 m/s maka berapa Hz frekuensi bunyi yang didengar oleh pendengar itu?
  2. Seorang pendengar berada di lapangan yang sedang dipakai untuk pasar malam, berdiam diri di sekitar pertunjukan, pertunjukan kereta api yang bergerak mendekatinya dengan kec. 20 m/s mengeluarkan bunyi dgn frekuensi  640 Hz sedang didekatnya ada sirine dari seorang badut yang membunyikan peluit dgn frekuensi 682 Hz dalam keadaan diam saja. (v =340 m/s)

a). Brp frekuensi bunyi kereta api yang didengar oleh pendengar itu?

b). Brp layangan bunyi yg trjd pd pendengar itu karena kereta api dengan peluit badut?

3. Di RS ada ambulans yang mengeluarkan bunyi sirinenya dgn frek. 690 Hz didekatnya seorang pengantin pasien. Kemudian ambulans dan orang bergerak saling menjauhi dengan kec. ambulans 54 km/jam sedang kec. org tsb 36 km/jam (kec. bunyi di udara 330 m/s). Brp frekuensi bunyi yg di dengar oleh orang itu?

4. Sumber bunyi dg frekuensi 525 Hz bergerak searah dg pendengar di belakangnya spt pada gambar. Brpkah frekuensi yg didengar oleh pendengar itu?

Gambar.

Vs = 10 m/s

Vs                               Vt                                              Vt = 18 km/jam

Sumber                                 pendengar

 

v = 340 m/s

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : 1. Diketahui : vP = + 5 (mendekat)

vs = – 10 (mendekat)

Penyelesaian :

Gunakan persamaan fp = ( (v+- vp)/(v+- vs) ) x fs = ( (340 + 5) / (340 – 10) ) x 660

= 490 Hz

 

untuk menjawab nomor 2, 3, dan 4 coba anda kerjakan dulu dengan persamaan di atas dengan catatan

Vp = + ( mendekat)                       Vs = – (mendekat)

Vp = – (menjauh)                           Vs = + (menjauh)

fpelayangan = fbesar – f kecil

 

Untuk Jawaban No. 2 a. 680 Hz, b. fpelayangan = 682 – 680 = 2 Hz

Silahkan dicoba

 

Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : dian
Pertanyaan : Bapak/Ibu saya mau tanya

 

Pada percobaan interferensi young digunakan cahaya hijau dg pnjang gelombang 0,4miu m pada layar diperoleh lima kali jarak antara garis gelap yg berdekatan adlh 4 mm. Pada tiap kasus berikut ini, hitung jarak antara dua garis gelap yg berdekatan jika:

a. Digunakan cahaya merah dg pnjg gelombang 0,6 miu m

b. Jarak pisah kedua celah digandakan

c. Jarak antara celah dan layar digandakan

 

Makasih sebelumnya

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Silahkan download jawaban berikut!
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : mahdian
Pertanyaan : Pak/Bu saya mau tny,

1. Celah ganda young pola interferensi di bentuk pd layar yg brada sjauh 1m dan jrk pisah antara pita2 terang untuk cahaya monokromatis dg pnjg glmbang 600nm adl 1,8 mm. Brp pnjg gelombang yg hrs dgunakan agar jrk pisah antara pita2 terang 1,5mm?

 

2. Sinar monokromatis yg pnjg gelombang 800nm dlwatkan pada dua celah yg terpisah 0,4mm. Hitung sudut yg dibentuk oleh garis terang ke satu dg grs terang ke dua jika percobaan dilakukan di udarA dan di air (n air=4/3 , n u=1)!

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Silahkan download jawaban berikut!
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : ihsan
Pertanyaan : berapa sudut eleveasi sebuah peluru akan ditembakkan dengan kec awal 20 m/s pada ketinggian 20 m dan jarak mendatar 40 m?
Penjawab : Winarso, S.Pd dan
File : Download
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : Arini Muniroh Annisa
Pertanyaan : assalamu’alaikum..

mw mnta tlong pnjelsn singkat ttg gelombang bunyi, untuk materi kels XII..

boleh kn?

mksii y..

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Adik Arini bisa membaca materi gelombang bunyi dari buku fisika kelas XII, kemudian diringkas. Dengan cara demikian penjelasan yang diinginkan dapat diterima dan dicerna dengan baik. Please try.
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : Cha2
Pertanyaan : Kak, tolong donk buatin 6 contoh soal tentang Gelombang Bejalan beserta jalan penyelesaiannya….

MakaciH..

Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Adik Cha2, untuk hal tersebut akan lebih baik jika adik menggali dari buku2 fisika kelas XII misal tentang kumpulan soal dan pembahasannya. Harapan kami web dapat bermanfaat dengan maksimal jika pengajuan pertanyaan soal fisika dari penanya dan kami membantu untuk menyelesaikannya.
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Penanya : BwP (ZLP)
Pertanyaan : Pak, Bu..
Di iklan TV itu kan sering disebu-sebut “MOLEKUL PINTAR” dan “TEKNOLOGI SINTETIC” apa yg dimaksud ntu yupz?
Penjawab : Winarso, S.Pd dan
Jawaban : Istilah-istilah tersebut hanya untuk keperluan iklan agar produk menarik dengan istilah yang beda/baru atau terdengar lain, sehingga maksud dalam iptek belum bisa dijelaskan dan bahkan dibakukan.
Media : Website
Pelajaran : Fisika
Kelas : 12
Pertanyaan : jelaskan tentang tegangan

 

Penjawab : Operator TIT
Jawaban : Tegangan dalam pengertian fisika disebut STRESS. Ada juga pengertian STRAIN yang dikenal dengan regangan.

Tegangan didefinisikan sebagai Gaya F yang diberikan kepada benda yang memiliki luas penampang A. Secara matematis dituliskan dengan persamaan : σ = F/A.

Sehingga setiap benda yang dikenai oleh gaya (tarikan/dorongan) akan mengalami tegangan atau menegang. Semoga bisa dipahami.

 

 

 

 

Admin sMaNdU

 

3 comments on “Kelas XII

  1. Pk,mau tanyak.
    Pipa organa terbuka A dan pipa organ tertutup B ditiup secara bersamaan,maka pipa organa terbuka A menghasilkan nada atas pertama yang sama dengan nada dasar pipa organa tertutup B. Bila kondidinya sama dan panjang pipa organa A=30 cm,maka panjang pipa organa B adalah….

  2. pak, mau tanya
    intensitas bunyi di titik P yang berjarak 3m dari sumber bunyi adalah 10-4 watt/m2. titik R berjarak 300 m dari sumber bunyi. jika intensitas ambang I0 = 10-12 watt/m2, maka perbandingan antara intensitas di titik P dan R adalah…

Tinggalkan Balasan ke Lisnawati Batalkan balasan